:: HUKUM NIKAH :: Menikah Seorang Wanita Dengan Niat Sang Suami Untuk Menceraikan Isterinya


Jalil (Pustaka As-Sunnah), hlm. 576 – 580

Syaikh Sayyid Sabiq dalam Fiqhus Sunnah II:38 mengatakan bahwa para fuqaha’ para pakar fiqih sepakat bahwa barangsiapa menikahi seorang perempuan tanpa menetapkan syarat penentuan batas waktu yang jelas namun didalam hatinya tersirat niat hendak menceraikannya kembali setelah jangka waktu yang tidak tertentu atau sesudah yang bersangkutan selesai menjalankan tugas di suatu negeri di mana di situ dia menetap sementara maka, perkawinannya sah. Akan tetapi Imam al-Auza’i menyelisihi dan menganggap perkawinan tersebut sebagai kawin mut’ah.

Syaikh Rasyid Ridha memberi komentar terhadap persoalan ini dalam Tafsir al-Manar dengan menulis, “Demikian permasalahan ini, mengingat akan kerasnya ulama’ salaf dan khalaf mencegah kita dari melakukan kawin mut’ah, larangan keras tersebut juga meliputi larangan nikah dengan niat hendak menceraikannya kembali. Meski para ahli fiqh berpendapat, bahwa akad nikah ini sah, bila seorang laki-laki kawin untuk sementara waktu namun dalam redaksi akad nikah tidak dipersyaratkan batas waktunya yang jelas.”

bep9e

Namun penyembunyian niat hendak mencerai kembali itu termasuk penipuan dan pengelabuan, bahkan ia lebih patut menjadi penyebab batalnya perkawinan ini daripada sekedar akad nikah yang didalamnya ditentukan syarat pembatasan waktu yang saling diridhai oleh kedua mempelai dan walinya yang mana di dalamnya tidak terkandung mafsadah kecuali sekedar mempermainkan ikatan yang agung ini yang merupakan ikatan kemanusiaan yang paling besar dan hanya untuk memuaskan nafsu seksual dawwaqin (para laki-laki tukang cicip) dan dzawwaqat (para perempuan tukang cicip), yang kesemuanya itu pasti akan melahirkan aneka bentuk kemungkaran.

Adapun pernikahan yang didalamnya tidak dipersyaratkan penentuan batas masa berlakunya berarti mengandung unsur penipuan dan pengelabuan, sehingga akan menimbulkan berbagai kerusakan yang lain yang berupa permusuhan, kebencian dan hilangnya kepercayaan walaupun kepada orang-orang yang jujur yang hendak melaksanakan akad nikah dengan sesungguhnya yang dimaksudkan sebagai membentengi bagi masing-masing dari kedua mempelai terhadap pasangannya dan.memupuk sikap ikhlash suami kepada isterinya dan begitu sebaliknya serta memperkokoh hubungan kerjasama antara keduanya dalam menegakkan salah satu rumah tangga yang shalih di tengah masyarakat yang baik.” selesai.

Penulis berkata:

Pendapat Syaikh Rasyid Ridha ra ini diperkuat oleh atsar berikut:

Dari Umar bin Nafi dari bapaknya (yaitu Nafi’) bahwa ia berkata, Ada seorang laki-laki datang kepada Ibnu Umar r.a. lalu bertanya perihal seorang laki-laki yang mentalak tiga isterinya, kemudian dikawin oleh saudaranya tanpa minta persetujuan kepadanya supaya dia (perempuan itu) menjadi halal lagi bagi saudaranya. Apakah dia halal bagi suami yang pertama?” Maka jawab Ibnu Umar, “Tidak’ (halal), kecuali pernikahan yang didasarkan cinta yang tulus. Dahulu, pada masa Rasulullah saw. kami menganggap pernikahan seperti ini perzinahan.” (Teks Arab dan Takhirj hadits telah dimuat di beberapa halaman sebelumnya).

Sumber: Diadaptasi dari ‘Abdul ‘Azhim bin Badawi al-Khalafi, Al-Wajiz Fi Fiqhis Sunnah Wal Kitabil ‘Aziz, atau Al-Wajiz Ensiklopedi Fikih Islam dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah Ash-Shahihah, terj. Ma’ruf Abdul Jalil (Pustaka As-Sunnah), hlm. 580 – 581

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

LOVE IS CINTA

.:: Karena CINTA Kita Selalu Ada ::.

ephyria

my life my world

My Pain, My Life, My Struggles, My Fight

Come walk with me, Down My Dark & Stormy Journey BUSINESS INQUIRIES & CONTACT EMAIL : GODSCHILD4048@GMAIL.COM

Dunia Penyair ~ Himpunan Puisi Klasik Dan Moden Sepanjang Zaman

~ Koleksi Puisi Klasik Dan Moden Yang Segar Sepanjang Zaman ~

DAPUR IZZI

~ My Kitchen Dictionary ~

IZZI BAKERY

The Greatest Homemade Products

.::Ketika CINTA Bertasbih::.

.... saat beralun qasidah KASIH....

YOEDA BIKE

Bengkel Sepeda Gowes

Bengkel Sepeda Gowes

- SEPEDA GOWES -

PUISI SURGA

Sekadar Merekam Suara Hati

Not all those who wander are lost.

yuliartivk

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

ISLAM SYIAH

Meluruskan Pemahaman Tentang Islam Syi'ah Imamiyah Itsna 'Asyariyah (Jakfariyah)

bcrita.com

Bercerita Mengenai Informasi dan Inspirasi Terkini

Didik Rahmadi

Aku menulis untuk ku ingat kembali

alangalangkumitir

Javanese Manuscripts

Lazione Budy

'Saoirse' is not a word, it's angel

Impossible

Selamat Datang, Selamat Menikmati

Agnez Simple But Incredible

A fine WordPress.com site

%d bloggers like this: